[Tutorial] How to Make Soft Gloomy Poster

TWIN

Heyya πŸ˜€

This’s my 2nd tutorial :p

Bingung mau ngapain, yaudahlah iseng bikin tutor buat poster wkwk-_-

Aku udah bingung apa jenis posternya, soft bukan, dark juga engga begitu, yaudah trengg judulnya saya pake keduanya._.

Silahkan di ikuti bagi yang berminat monggo πŸ˜‰

Pertama, yang harus disiapin itu ya Photoshop [Aku pake yang CS4, semua CS sama aja] , foto cast , beberapa texture , dan PSD Colouring.

Let’s start with :

1. Buka photoshop kamu, klik Ctrl+N buat lembar kerja, diatur berapa x berapa pixel ukurannya. Disini aku pake 500 x 700 pixel.

1

2. Buka foto castnya dengan klik Ctrl+O di keyboard kamu. Kalau aku pake Taeyeon sama Tiffany ;3

Buat foto taeyeonnya, kan ada bertiga sama Tiffany, sama Sooyoung juga. Aku crop foto Taeyeonnya aja pake crop tool, jelasnya di gambar inii *nunjuk ke bawah*

2

Nah kalau sudah di crop, foto Taeyeon di seleksi. Disini seleksi terserah pakai tool yang mana yang menurut kalian mudah. Kalau aku pake Polygonal Lasso Tool [Klik L di keyboard] . Udah di seleksi, klik kanan, Feather, atur jadi 50 Px lalu ok. Lihat gambar buat jelasnya.

3

3. Nah buat background poster, aku pake wallpaper gloomy rain (?) dulu buat pertamanya. Aku atur biar pas di lembar kerja. Cara men-drag foto ke lembar kerja kalian tadi hanya cukup menggunakan Move Tool [Klik V di keyboard] . Tinggal geser/Drag foto background ke lembar kerja. Dan atur tata letaknya. Β Bisa di perbesar dan di perkecil dengan klik Ctrl+T di keyboard kalian. Contohnya >>

4

Nah, disini aku mau ambil efek trotoarnya aja. Jadi ubah blending mode gambar [Yang ada Normalnya itu, disamping menu Opacity itu ._.] dari Normal ke >> Pin Light. Terus, fill lembar kerja dengan warna. Caranya, klik layer Background, pergi ke menu bar Edit > Fill > pilih Colour > pilih warna yang kalian mau. Aku pake soft pink gitu u,u

4. Lalu drag foto taeyeon tadi [yang sudah di seleksi] ke lembar kerja tadi. Bisa di perbesar dan di perkecil juga. Namun catat, setelah menggeser posisi sebesar/sekecil yang di inginkan, jangan lupa mengklik Maintain Aspect Ratio agar gambar tetep seimbang besar/kecilnya :3 Gak ngerti ya? Lihat di gambar deh [Yang di bulet2in itu looh] >>

5

5. Untuk foto Tiffany, lakukan cara seleksi yang sama pada foto Taeyeon tadi [seperti point ke dua]. Buat poster ini, foto Taeyeonnya aku letakkin di atas layer Tiffany. Lalu di drag dengan cara yang sama ke lembar kerja tadi, dan atur tata letaknya.

6

Nahh, diatas itu kan ada garis yang mengganggu (?) Itu di hapus dengan Eraser Tool [Klik E di keyboard kamu] dengan option seperti ini>

eraser

hapus semua bagian yang MENURUT KAMU tidak di perlukan. Hati-hati untuk menghapusnya. Maaf, aku lupa screencap sehabis punyaku di hapus >< Tapi di gambar selanjutnya keliatan kok hasilnya πŸ˜‰

6. Aku mau pakai texture ke dua, gambar jam gitu.

7

Setelah itu aku drag ke lembar kerja. Dan Blending modenya aku ubah dari Normal ke Hard Light

8

nah, kan ada garis yang mengganggu muka Tiffany ama Taeyeon tuh. Kita hapus lagi masih dengan brush yang optionnya sama seperti menghapus gambar taeyeon tadi yaa. Pelan-pelan. Hasilnya begini.

9

7. Texture again xD Maaf maruk, tapi emang kebiasaan aku pake texture banyak._. Texture ini lebih ke Β lighty soft gitu, trus ntar kamu drag ke lembar kerjanya. Opacitynya di atur sesuai selera [?] maksudnya sesuai keinginan kamu mau kayak mana opacitynya πŸ™‚

nah kan nanti gambar Taenynya gak jelas, bisa kamu duplikat dengan menekan Ctrl+J pada layer yang ingin di duplikat. Biar lebih jelas gitu maksudnya πŸ˜€

Lihat gambar deh >>

10

Nah kan bagian Taeny mukanya ketutup texture. Hapus texture menggunakan Brush yang Splatter / Ink / Blood. Bisa di download di Deviantart [keyword: splatter brush / ink brush]

11

Hapusnya bagian TEXTURENYA ya, bukan CASTnya, jangan sampai salah πŸ˜€

Nah, itu yang diatas gambar tutornya sekalian previewnya xD Aku hemat gambar banget-_-

8. Hampir selesai:D Tinggal tambahin PSD colouring. Cara menggunakan PSD colouring bisa di lihat di Tutorial pertamaku [buka page tutorial]

Ini gambarnya >>

12

9. Gabungin semua layer menjadi satu. Klik Ctrl lalu klik semua layer >> Klik kanan >> Merge Layers. Atau mudahnya kalau aku, klik layer paling bawah [background] terus klik kanan lalu Merge Visible πŸ˜€

Lalu, untuk memperlicin atau memperdramatisir [Loh loh -_-] gambarnya, bisa klik Filter >> Blur >> Smart Blur. Ini gambarnyaa >

13

10. Last stepppp [fyuh] [eh, belum ding] , tambahin text sesuai selera masing-masing. Mau itu quote, judul, author mark, dan lainnya.

Finishhhhh πŸ˜€

TWIN

Akhirnya *elap keringat*

Maaf kalau ada kata-kata yang absurd seperti penulisnya (;3) , yang berbelit-belit, yang tidak bisa di mengerti, maaf akan bahasa planet yang saya gunakan, harap di maklumi karena ini tutorial poster pertama saya xD

Kalau ada yang tidak di mengerti, langsung komen di kotak komentar post-an ini aja ya πŸ˜€

Give me your response, saya butuh masukan atau usulan buat tutor lain mungkin (ngarep wkwk._.) , dan biar saya tahu apa saya ngebantu kalian atau engga πŸ˜€

Boleh di co-pas pake credit gak? ENGGAK, tolong ya.

Di reblog? Boleh boleh ;3

Terima kasih sudah mau baca, bye ;*

—-

All things resourced :

  • Text

– Twin’s

“Migraine Serif font ” , Blending mode > Colour Dodge.

– Lullaby

” Scriptina font ” , Blending option > Stroke > pilih warna [ #b32121 ] , Fill : 0%

– Fearimaway

” Simplicity font ” , dengan warna #641515

– Art & Storyline

” AR Techni font ” , dengan warna #641515

  • PSD Colouring

Onyulinda’s Heavy Snow PSD Colouring

Fearimaway’s Autumn Syndrome PSD Colouring

Fearimaway’s The Goddess PSD Colouring

  • Texture and Wallpaper [Click to enlarge]

_clock_texture_6Β  < Clock texture cr to owner

rainy-gloomy< Gloomy rain cr to owner

2ndΒ > Softy pink texture cr to Fearimaway [me]

-Thank You-

61 thoughts on “[Tutorial] How to Make Soft Gloomy Poster

  1. Wow! Keren” nih tutor..
    Membantu banget! πŸ˜€
    Apalagi buat Author amatiran yang ndak bisa edit foto kayak aku gini.. ><
    Usul ni Eon, aku paling ndak bisa buat Cover / Banner / edit"an foto kayak 'Welcome' di Our Story dengan tema Cheerfull.
    Soalnya bingung sama texture yang bagus + cocok dan font yang keren..

    Usul bikinin tutorial itu ya Eon.. πŸ™‚
    Gomawo

    • Buat masalah font, kamu bisa download di dafont.com disitu banyak yg fancy πŸ˜‰
      Texture sih bagusnya pake PNG image gituu πŸ˜€

      Oke ntar kalau sempet aku bikin tutor lagi πŸ˜€

  2. hei there. aku gabisa 😦 udah nyoba malah muter-muter disitu2 aja. gambar taeyon itu oas dipindahin ke background gabisa di besar/kecilin. gimana yah?

    • kalau sudah di seleksi, langsung drag aja pake Move tool. Ikonnya ada di foto aku kok. Atau mudahnya pake Move tool tinggal klik V di keyboard kamu ^^

  3. hallooo kakakk~
    tutornya ngebantu banget!! kata-kata yang kakak pake menurutku udah cukup jelas ^^ makasih ya!x3
    aku izin save texture”nya ya πŸ˜€ makasiiih~

  4. Hadehh.. yg fresh aja esih mblibet arep sing gloomy -*-
    Ajarin aku lbh dalem dong (banyak maunya)
    Kalo blh,aku minta ajarin lwt twitt @arinikuma_ or fb arini kesuma djlantik. Itupun kl boleh, kl gk blh atau gk mau gpp πŸ™‚ sekian dan terimakasih atas tutornya ^^
    Aku request aja deh, bolehkan?

    • hehehe basicnya gak ribet sebenernya kalau di ikutin pelan pelan πŸ˜€
      Lebih dalem? Aku serasa ngajar di sekolah wkwk._.v
      Tapi bolehlah kalau kamu ada yang gak tau tinggal tanya aja aku πŸ˜‰
      Mau request? Boleh kok silahkan πŸ˜€

  5. Hallo kak saya balik lagi #plakk #sumpahsksd ._. ohiya aku seneng banget ubek-ubek blog kakak dan tadi nemu profil kakak. kakak 98l ya? btw aku almira 99l kemarin blm sempet kenalan hehe. aku izin save texture gloomy rain nya ya πŸ˜€ makasih lho

  6. bagussss banget rimaaa tutonya mudah di mengerti^^ kalo boleh tanya kalo mau download texture/psd yang bagus bagus biasanya dimana ya? aku sering carai psd ke blog ini itu tapi biasanya modelnya sama/mirip gitu ouo

    • Ihh makasih <3<3

      Aku sih kadang texturenya dapet dari tumblr kadang dari deviantart ada juga πŸ˜€ D google juga banyak kok finessa, pinter2 milih aja ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s